Sunday, December 2, 2012

Cara Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Angin




Untuk memahami cara kerja pembangkit listrik tenaga angin silahkan perhatikan bagan alir berikut;



Angin ==> baling-baling ==> poros ==> generator ==> aki ==> beban



Energi kinetik angin mendorong baling-baling untuk berputar. Putaran baling-baling menghasilkan gerak mekanik pada poros baling-baling. gerak mekanis poros baling-baling ditransmisikan keporos generator. generator mengubah energi mekanik menjadi energi listrik. Energi listrik dari generator dimasukan ke baterai/aki yang mengubah sekaligus menyimpan energi listrik tesebut menjadi energi potensial listrik. Jika energi potensial listrik tersebut hendak digunakan beban dihubungkan dengan kedua kutub aki. Beban akan mengubah energi potensial listrik dari aki sesuai dengan fungsi beban tersebut.

Untuk lebih jelasnya perhatikan bagian-bagian pembangkit listrik tenaga angin pada gambar berikut;











 Sudu baling-baling memindahkan geseran angin kepusat hub yang menghasilkan putaran pada poros utama. Gear-Box transmisi mengubah kecepatan putaran berkecepatan lambat dari poros utama menjadi putaran berkecepatan tinggi. Putaran tinggi tersebut dihubungkan langsung keporos generator yang menyerap dan mengubah putaran tersebut menjadi energi listrik.

Gambar diatas menunjukkan komponen-komponen utama PLTB komersial pada bagian turbin pembangkit listriknya.
PLTB komersial pada umumnya memiliki daya yang relatif besar (5Kw keatas). Karenanya komponen-komponennya relatif  besar dan berat. Maka setiap komponen dibuat secara terpisah untuk memudahkan proses produksi, transportasi, dan instalasi.

Namun dalam uraian selanjutnya yang akan kita bahas adalah cara pembuatan  PLTB dengan daya yang relatif rendah dibawah5Kw. Sehingga beberapa komponen dapat disederhanakan atau bahkan dihilangkan. Tujuannya antara lain untuk menghemat biaya dan memudahkan pembuatan.  








  


Maaf, naskah sedang dalam persiapan.
Silahkan kembali lain waktu.
Tetapi anda dapat menyampaikan pertanyaan untuk mendapatkan prioritas pembahasan.
Terima kasih.

1 comment:

Anonymous said...

kalau saya mau belajar langsung gmana