Monday, December 3, 2012

Bagian-bagian Utama PLTB

Berikut ini sedikit uraian mengenai bagian-bagian terpenting dari pembangkit listrik tenaga angin;

1. Baling-baling
Baling-baling adalah bagian dari pembangkit listrik tenaga angin yang paling berperan dalam menyerap energi angin.
Terdapat berbagai bentuk rancangan baling-baling PLTB yang telah dibuat ataupun masih dalam tahap konsep, namun secara umum dapat dibagi  kedalam dua kelompok, yaitu; baling-baling sumbu vertikal dan baling-baling sumbu horizontal. 

  
2. Generator
Generator adalah komponen atau bagian utama PLTB yang pembuatannya membutuhkan ketelitian dan ketepatan/presisi yang relatif tinggi. Karenanya saya lebih menyarankan untuk membeli generator yang siap pakai daripada membuat sendiri. Antara lain agar kita dapat menghemat banyak waktu dan mampu lebih memfokuskan semangat kita dalam membuat bagian-bagian lain yang sulit kita dapatkan/beli dipasaran. Bagaimanapun, saya akan menguraikan cara membuat generator sendiri pada bagian lain tulisan ini.
Kali ini akan cukuplah jika kita memahami dulu jenis-jenis generator yang dapat kita beli. Perlu diingat bahwa pengelompokan dibawah ini hanyalah berdasarkan penggunaannya pada PLTB secara umum. Dalam telaah melalui topik yang berbeda pengelompokannya bisa jadi akan berbeda pula.

a. Motor/dinamo DC
Ini adalah jenis generator yang paling umum dipakai pada PLTB skala kecil, pada masa-masa yang lalu, dan juga masih dipakai pada masa-masa ini.

b. Alternator

c. Motor induksi

d. PMAC / universal motor

e. Alternator magnet permanen




3. Baterai/aki
4. Unit kendali

Maaf, naskah sedang dalam persiapan. Silahkan kembali lain waktu.
Tetapi anda dapat meninggalkan  pertanyaan dikolom komentar untuk mendapatkan prioritas pembahasan.
Terima kasih.

No comments: